Selasa, 17 Maret 2015

Tugas 3 - Part 1 Pewarisan Pada Java Lanjutan

Nama/NIM : I Gede John Arissaputra / 1404505066
Jurusan/Fakultas/Universitas : Teknologi Informasi / Teknik / Universitas Udayana
Mata Kuliah: Pemrograman Berorientasi Objek (B)
Dosen: I Putu Agus Eka Pratama, ST, MT



PEWARISAN PADA JAVA LANJUTAN


Pendahuluan

Mengenai pewarisan (inheritance), lanjutan dari artikel yang penulis buat sebelumnya, sebuah kelas dapat menurunkan kelas lainnya, sehingga kelas turunannya tersebut memiliki struktur dan sifat (perilaku, dalam hal ini methode) seperti kelas induknya. Meski demikian, kelas anak tetap bisa memiliki perilaku tersendiri (tambahan) di luar yang diwarisi oleh kelas induknya. Sebuah kelas induk (kemudian akan disebut kelas super) dapat menurunkan beberapa kelas anak.


Di sini Penulis akan membuat sebuah kelas super bernama kelas Hewan.java, yang akan menurunkan 2 buah kelas anak yaitu kelas Mamalia dan kelas Reptil. masing-masing kelas anak ini akan menurunkan lagi kelas anak di bawahnya. yaitu kelas Mamalia akan menurunkan kelas Sapi, Anjing, dan Kucing sedangkan kelas Reptil akan menurunkan kelas Buaya, Ular, dan Cicak. Kelas Anjing akan menurunkan lagi kelas Siberian Husky, Dalmatian. dan Chihuahua. serta kelas Ular akan menurunkan lagi kelas Cobra, Python, dan Anaconda.
Jika dibuatkan dalam bentuk diagram sebagai berikut :

Diagram diatas menjelaskan bahwa kelas Hewan adalah kelas induk untuk semua kelas di bawahnya. Misalnya salah satu anak dari kelas Mamalia adalah kelas Anjing, kelas Anjing menurunkan kelas Chihuahua. Maka Chihuahua akan mewarisi sifat dari Anjing dan Mamalia, namun tetap memiliki perilaku lainnya, yaitu penambahan methode yang diinginkan.
Konsep Pewarisan tentu akan menghemat waktu, karena kita cukup menurunkan kelas yang sudah ada menjadi sebuah kelas yang baru, untuk kemudian menambahkan methode yang diperlukan secara spesifik di kelas tersebut.

Memulai Pemrograman


Setelah memahami diagram diatas, sekarang akan diimplementasikan kedalam kode Java sederhana. Dalam hal ini penulis menggunakan Geany.
Kode:





Kemudian compile, tunggu hingga compile success


Kemudian jalankan programnnya


Sekian artikel kali ini, selamat mencoba :)


Daftar Pustaka:

1. http://bisakomputer.com/memahami-pewarisan-di-java/

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com