Selasa, 14 April 2015

UML USE CASE SEQUENCE "Point of Sale"

Nama/NIM : I Gede John Arissaputra / 1404505066
Jurusan/Fakultas/Universitas : Teknologi Informasi / Teknik / Universitas Udayana
Mata Kuliah: Pemrograman Berorientasi Objek (B)
Dosen: I Putu Agus Eka Pratama, ST, MT


POINT OF SALE


Kembali memperdalam mengenai UML khususnya penggunaan use case dan sequence, kali ini saya mendapat studi kasus mengenai sistem POS (Point of Sale) pada toko. Untuk mempermudah membuat diagram UML, kalian bisa menggunakan aplikasi "Dia Diagram" yang dapat didownload secara gratis di web resminya. Berikut penampakan "Dia" nya:



Berikut ini use casenya:


Pada diagram tersebut terdapat delapan aktivitas antara lain daftar, login, input data barang, update data barang, delete data barang, view data barang, input barang yang dibeli, dan cetak struk. Use case ini memiliki dua aktor yaitu kasir dan admin. Kasir hanya bisa melakukan login, view data barang, input barang yang dibeli dan cetak struk, sementara seorang administrator bisa melakukan semuanya.


Sequence

Pada diagram use case tersebut, maka sequencenya antara lain sebagai berikut.

Daftar

Pada aktivitas ini administrator harus melakukan login menggunakan username dan password. Kemudian akan dilakukan pengecekan password dan akan kembali ke menu utama. Setelah itu admin akan memilih menu pendaftaran>tambah kasir untuk mendaftarkan kasir dan mengisi data kasir.

Manipulasi data (insert, update, delete)

Pada sequence ini admin melakukan login dengan menginput username dan password. Kemudian kembali ke menu utama, admin memilih menu barang dan mengakses database barang kemudian melakukan insert/update/delete pada data barang.

View Data Barang

Admin atau kasir melakukan login terlebih dahulu. Kemudian mengakses database barang dan data barang akan ditampilkan.

Input barang yang dibeli dan mencetak struk

Admin atau kasir menginput id_transaksi, id_konsumen, dan waktu untuk disimpan pada database. Kemudian admin atau kasir menginput kode barang yang dipesan, kode barang akan diakses pada database barang untuk menemukan nama barang dan harganya. Sistem akan mengulangi langkah tersebut mulai dari input kode barang dan akhirnya menampilkan total harga barang yang dibeli. Data transaksi tersebut akan disimpan pada database dan akan dicetak pada struk belanja.


SEKIAN. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com