Sabtu, 30 Mei 2015

PROJECT SMART CITY

Nama/NIM : I Gede John Arissaputra / 1404505066
Jurusan/Fakultas/Universitas : Teknologi Informasi / Teknik / Universitas Udayana
Mata Kuliah: Pemrograman Berorientasi Objek (B)
Dosen: I Putu Agus Eka Pratama, ST, MT


Implementasi Smart Economy, Smart Payment dalam Pembayaran UKT Online Berbasis Java
pada Platform Android


Lama gak pernah nge-post, akhirnya sekarang bisa balik nge-post lagi hehe
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai desain dan perancangan aplikasi java untuk implementasi smart city.


ABSTRAK

UKT (Uang Kuliah Tunggal) adalah sebuah sistem tarif biaya kuliah baru yang diinstruksikan oleh Dirjen DIKTI untuk diberlakukan di seluruh Universitas Negeri di Indonesia. Tujuan diberlakukanya UKT adalah untuk mempermudah proses pembayaran biaya kuliah dan menghilangkan tambahan – tambahan biaya lain (uang pangkal, gedung, administrasi, dan lain-lain) yang sulit untuk diawasi oleh negara. Namun, metode pembayaran UKT ini khususnya pada Jurusan Teknologi Informasi Fakultas Teknik Universitas Udayana terbilang masih manual. Tentunya metode pembayaran manual ini memiliki banyak kendala seperti jauhnya jarak tempat pembayaran, kurangnya sarana transportasi, lama waktu perjalanan, dan lama antrian kerap kali menjadi kendala bagi mahasiswa yang hendak membayar UKT. Akibatnya, keterlambatan pembayaran UKT seringkali terjadi. Solusi yang ditawarkan adalah dengan menyediakan desain dan perancangan aplikasi Pembayaran UKT Online berbasis android dengan menggunakan prinsip Smart Economy khususnya Smart Payment yang diimplementasikan berbasiskan object oriented pada Java. Makalah ini menyajikan latar belakang, rumusan masalah, solusi hingga desain perancangan ke dalam bahasa UML serta desain Graphic User Interface.

Kata Kunci:
UKT, Smart City, Smart Economy, Smart Payment, Object Oriented, Java, UML


Jika ingin melihat selengkapnya, silahkan download melalui link berikut

Referensi:
Eka Pratama, I Putu Agus. SMART CITY BESERTA CLOUD COMPUTING DAN TEKNOLOGI - TEKNOLOGI PENDUKUNG LAINNYA. Informatika, Bandung. 2014.

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com